Thursday, November 18, 2010

Catatan seratoes enam poeloeh tiga


Tiga kali usaha mungkin belum cukup. Tapi tiga kegagalan ini cukup memukulku. Di luar masalah teknis, interpretasi proposal sebetulnya adalah masalah selera. Sehingga ku pikir kenapa proposal ku ditolak karena masalah selera reviewersnya. Atau mungkin masalah 'teknis' di luar teknis.

Aku memang tak berharap agar semua proposalku diterima. Namun, setidaknya satu saja cukup bagiku. Tapi, ternyata memang tak ada satupun yang diterima.

Kupikir semua mahfum bahwa membuat proposal penelitian ujungnya adalah publikasi. Dikti-pun malah mensyaratkannya. Tapi ternyata tak sedikit juga hasil penelitian yang dibiaya mereka berujung pada laporan penelitian saja. Apakah publikasi yang ku buat selama ini tak cukup? Ataukah karena sangat sedikit publikasi yang kutulis untuk jurnal dalam negeri? Atau karena ini kali pertamaku meminta dana penelitian dari sumberdana dalam negeri? Itukah ukuran kompetisi mendapatkan hibah  penelitian?

Aku masih tak tahu. Yang jelas, aku kecewa. Padahal aku sudah berangan-angan bahwa akan ada minimal dua publikasi untuk jurnal internasional.

Kenapa jurnal internasional? Ku pikir, bila kita mampu memublikasi hasil penelitian kita di jurnal Internasional, hal itu akan mengumandangkan lebih banyak lagi informasi dari Indonesia. Dan satu anganku, agar orang luar tak memandang rendah Indonesia lagi. Itu kebanggaanku. Tapi, kenapa kebanggaanku luntur oleh kondisi kompetisi mendapatkan hibah penelitian dalam negeri?

Dengan memublikasikan karyaku di jurnal internasional tak ada sekalipun aku memicingkan mata untuk jurnal dalam negeri. Aku sangat menghargainya! Namun, sejauh ini kupikir belum ada jurnal dalam negeri dalam ranah penelitianku yang telah menjadi jurnal internasional. Aku menantikannya sekaligus berencana membuatnya. Semoga saja bisa kelak, bila dunia tak berubah. Karena perubahan adalah
kondisi yang tak bisa dielakkan; entah itu dari dunia atau dari diriku.

1 comment:

Dian Latifah said...

jangan dilihat mulu dari sisi kegagalannya deh.. mau gagal or not tetep aja kondisi DN berkompetisi utk dana penelitian akan selalu membuat hati miris tapi mo gimana lagi udah jadi 'your job and your task' daripada pengangguran hihi.. dah simpen aja in you 'proposal bank' ntar pake aja lagi kalo ada kesempatan, sukses ya..