Saturday, March 15, 2008

Catatan seratoes empat poeloeh tiga

Mengapa tidak bersedia dipilih bila kau datang memilih?

Dalam sebuah pemilihan terbuka yang belum diketahui siapa kandidat pemimpin maka semua orang layak untuk dipilih, sejauh tak ada aturan yang mengikat ketidaklayakkannya untuk dipilih tentunya. Lain halnya bila di saat pemilihan telah terjaring kandidat yang akan dipilih. Kehadiran pemilih tak perlu dipusingkan mencari kandidat yang akan dipilihnya. Kasus pemilihan terbuka banyak terjadi di level organisasi kecil menurut bentuk fisiknya. Karena, untuk apa dilakukan penjaringan kalau toh bisa dilakukan sekali jalan? Makin besar sebuah organisasi, makin beragam pula proses pemilihannya bahkan saat proses penjaringannya.

Kembali ke model pemilihan skala kecil, setiap anggota memiliki nilai sama di mata demokrasi. Sama tinggi, sama rendah. AD/ART lah yang menyempitkan pengertiannya. Sehingga bila seorang datang ke dalam pemilihan, sebagaimana dia menghargai dan memilih si A, dia juga tak bisa mengelak bila si A menghargai balik dan memilih dia! Tak ada alasan untuk menolaknya!

Tulisan ini disumbangkan bagi teman-teman PPIA JCU yang sementara melakukan pemilihan presiden baru. I know you'll have the best ONE to be elected!

No comments: