Monday, December 04, 2006

Catatan delapan poeloeh empat

Senin, 4 Desember 2006 Menggapai orang terkenal Banyak orang terkenal yang ku kenal, walau sulit bagiku mendefinisikan dasar mereka menjadi terkenal selain karena media. Masalahnya, dan kupikir lumrah, hanya sedikit dari orang yang terkenal yang mengenal aku. Masalah lainnya juga, apakah persepsi terkenal-ku sama dengan orang lain? Ku yakin tidak. Tak apalah, yang ingin kupaparkan adalah versiku. Aku mengenal Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Indonesia saat ini, saat ku tulis catatan ini. Aku juga mengenal para presiden sebelumnya. Namun, sekali lagi, ku yakin they do not know me. Well, setidaknya untuk saat ini (kubiarkan diriku menghayal). Aku mengenal Jeane Indy, sang karateka yang telah mendapatkan gelar doktor di Jepang dan Winda Mingkid, mantan putri Indonesia yang telah meraih doktor pula. Ku yakin mereka mengenalku juga. Tapi, apakah Nadine Chandrawinata mengenalku? Tidak! Well, setidaknya aku punya foto bersamanya. Menggapai orang terkenal, sebetulnya tak jauh. Sebuah penelitian (atau barangkali hanya asumsi) menyatakan bahwa setidaknya semua warga dunia saling mengenal satu sama lain lewat pertemanan. Untuk menggapai George W. Bush atau Halle Berry (maaf bila aku lebih memilih dia daripada artis dunia lainnya) kita paling jauh membutuhkan tujuh rantai teman. Mengagumkan! >>Catatan: Catatanku ini tak mengenyampingkan keterkenalan teman-teman dekatku yang lain. Hanya saja aku berusaha menyejajarkan persepsi terkenal dengan orang lain, walau pun toh ku yakin tak gampang!

No comments: